Rambu Rambu Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas
Singkat, spesifik, menunjukkan gambaran masalah,tindakan, hasil, dan lokasi, maksimal 15 kata
B. Bab I Pendahuluan:
1. Latar belakang; berisi tentang hal yang terjadi di sekolah bersifat penting, bersifat mendesak, dapat
dilakukan, jelas masalahnya atau berupa kondisi ideal, kondisi nyata, gap kondisi ideal dan kondisi nyata
serta pemecahan masalah
2. Rumusan masalah; kalimat tanya yang berisi tentang : asumsi, lingkup penelitian, alternatif tindakan,
indikator keberhasilan, dan cara penyelesaian masalah.
3. Pemecahan masalah/identifikasi masalah; berisi tentang uraian alternatif tindakan berdasarkan prioritas
tindakan pemecahan masalah.
4. Tujuan; berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan berisi tentang tujuan yang dapat diukur
ketercapaiannya.
5. Manfaat; berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih baik kemukakan
hal yang berupa inovasi.
C. Bab II Kajian Teori
Berisi tentang teori yang mendasari penelitian, kajian teori mengungkap tentang : What (apa) berupa definisi atau pengertian, Who ( siapa) berupa siapa penemu atau pendapat siapa, Why ( mengapa) mengapa teori itu ada, How ( bagaimana) teori itu digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang lain)
D. Bab III Metode Penelitian
1. Seting penelitian; berisi tentang lokasi sekolah, kelas berapa, jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa lama penelitian dilakukan (sebutkan antara waktu)
2. Indikator keberhasilan; berisi berupa indikator keberhasilan yang menjadi acuan keberhasilan dalam setiap tindakan, berupa gradasi seperti : 80-100 : sangat berhasil, 60-79 : berhasil, 40-59 : cukup berhasil, 20- 39 : kurang berhasil, 0-19 : tidak berhasil.
Kalau kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan,
3. Gambaran umum penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa : kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan, kegiatan pengamatan serta kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.
4. Instrumen yang digunakan, pedoman observasi, alat perekam dll
E. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
Berisi hasil pengamatan dari observer, analisis data dan refleksi dari kegiatan dalam setiap siklus. Hasil refleksi merupakan rencana tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru
dan kegiatan siswa.
F. Bab V Kesimpulan dan Saran
Berisi kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)
Salam brakhmat ..........
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !